Cara Mengenali CS Palsu di Media Sosial, Ini Tipsnya

Belakangan ini, modus penipuan customer service (CS) palsu semakin marak terjadi. Para oknum penipu berusaha memanfaatkan kedok sebagai CS dari perusahaan tertentu untuk melakukan aksinya. Mereka menawarkan produk, berpura-pura membantu persoalan pengguna layanan, bahkan menjanjikan hadiah untuk menarik perhatian korban. Namun, banyak orang yang akhirnya tertipu karena tidak mampu membedakan CS palsu dengan yang asli.

1. Tanda Centang Biru

Untuk memastikan keaslian sebuah akun perusahaan, perhatikan apakah akun tersebut memiliki tanda centang biru di media sosial. Tanda ini menunjukkan bahwa akun tersebut telah diverifikasi dan diakui keasliannya.

2. Nomor Telepon Resmi

CS palsu sering menggunakan nomor telepon yang menyerupai customer service resmi suatu lembaga. Namun, nomor palsu biasanya diawali dengan angka seperti 021, +621, atau simbol tambah (+) sebelum nomor telepon. Pastikan untuk memeriksa nomor secara teliti, terutama jika kontak dilakukan melalui WhatsApp.

3. Gaya Bahasa Profesional

CS resmi selalu menggunakan bahasa yang profesional dan sopan. Perusahaan besar umumnya memiliki standar komunikasi yang jelas. Jika terdapat ketidakrapihan dalam bahasa atau penulisan, serta kesulitan dalam menyampaikan informasi, bisa jadi itu adalah CS palsu.

4. Jumlah Followers dan Like

Selain tanda verifikasi, perhatikan juga jumlah pengikut (followers) dan likes dari akun CS. Akun palsu seringkali memiliki jumlah pengikut yang tidak proporsional dengan interaksi yang terjadi. Jika terdapat interaksi yang rendah pada setiap unggahan, itu bisa menjadi indikasi keaslian akun yang meragukan.

READ  "Misteri Pemilik Plat RI 36 yang Membuat Warganet Penasaran"

Langkah Menghindari Modus Penipuan CS DANA

Salah satu modus penipuan yang marak saat ini adalah mengatasnamakan CS DANA. Untuk menghindari modus ini, DANA memberikan langkah-langkah berikut:

1. Monitor

Waspada jika ada yang mengaku sebagai Customer Service DANA melalui WhatsApp, karena Customer Service DANA hanya melayani via DIANA di aplikasi DANA, email [email protected], call center DANA 1500 445, serta sosial media resmi DANA Indonesia.

2. Konfirmasi

Lakukan konfirmasi melalui fitur DANA Protection di aplikasi DANA untuk memastikan keaslian nomor, link, atau akun sosial media yang menghubungimu.

3. Lapor

Laporkan oknum yang mencurigakan melalui fitur DANA Protection di aplikasi DANA, email [email protected], call center DANA 1500 445, atau sosial media resmi DANA Indonesia. Jangan lupa untuk langsung block dan report nomor atau akun palsu yang menghubungi.

Jaga keamanan transaksi dengan tidak sembarangan mengklik link atau mengisi form dari pihak yang tidak jelas. Selalu rahasiakan PIN & Kode OTP, dan pastikan untuk memeriksa keamanan selama bertransaksi dengan DANA.

Jadi, dengan meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat membedakan CS asli dan palsu serta menghindari modus penipuan yang semakin merajalela.

Sumber: detik.com

(prf/ega)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *