Selama libur Natal tahun ini, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) mengungkap adanya peningkatan trafik layanan telekomunikasi. Menurut Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi) Angga Raka Prabowo, peningkatan tersebut sesuai dengan prediksi sebelumnya.
Peningkatan Trafik
Menurut data rata-rata operator seluler yang dilaporkan ke Komdigi, lonjakan trafik telekomunikasi berkisar antara 7-20%. Hal ini merupakan hasil dari kerjasama antara Komdigi dan operator seluler untuk menjaga kualitas dan layanan kepada masyarakat.
Persiapan dan Pengukuran Kualitas
Direktur Pengendalian Pos dan Informatika Kementerian Komdigi, Dany Suwardany A, mengungkap bahwa pihaknya telah memperkuat kapasitas jaringan dan melakukan pengukuran kualitas sinyal (QoS) di berbagai titik point of interest (POI) selama libur Natal.
Trafik Telkomsel
Direktur Human Capital Management Telkomsel, Indrawan Gitapradana, juga menyampaikan bahwa Telkomsel mencatat kenaikan trafik selama libur Natal. Kenaikan trafik tersebut sebagian besar berkisar antara 12-15%, dengan layanan game menjadi yang paling banyak diakses.
Indrawan Gitapradana , Direktur Human Capital Management Telkomsel Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
|
Indrawan juga memprediksi lonjakan akses internet yang akan terjadi menjelang Tahun Baru 2025. Telkomsel telah mengidentifikasi sekitar 409 poin of interest yang perlu dijaga kualitas jaringannya untuk mengantisipasi kenaikan pengguna.
Kesimpulan
Dari data yang disampaikan oleh Kementerian Komunikasi dan Digital serta Telkomsel, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan trafik layanan telekomunikasi selama libur Natal. Langkah-langkah persiapan dan pengukuran kualitas yang dilakukan oleh pihak terkait berhasil mengatasi lonjakan trafik tersebut.
(afr/rns)