Menteri PU Dody Hanggodo Buka-Bukaan Mengenai Implementasi MLFF
Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo telah membuka-bukaan terkait dengan kelanjutan implementasi sistem bayar tol tanpa setop atau Multi Lane Free Flow (MLFF). Dalam rencana besarnya, sistem ini seharusnya mulai uji coba terbuka mulai Desember 2024. Namun, Dody mengungkapkan bahwa implementasi MLFF masih mengalami kendala internal di Kementerian PU, terutama terkait dengan regulasi.
Kendala Internal dalam Implementasi MLFF
Dody menyebut bahwa masih terdapat beberapa kendala dalam implementasi MLFF, salah satunya adalah terkait dengan regulasi. Meskipun ia tidak merinci regulasi apa yang menjadi penghambat sistem ini, ia memastikan bahwa proses sinkronisasi aturan masih terus dilakukan. Dody mengungkapkan, "Banyak bolong di saya. Saya masih beres-beres aturan, kayak aturan yang belum sinkron sana-sini, banyak."
Sinkronisasi Aturan Berdasarkan Hasil Pemeriksaan BPK
Proses sinkronisasi aturan yang dimaksud oleh Dody berkaitan dengan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang beberapa waktu lalu menemukan sejumlah masalah pada MLFF. Atas kondisi ini, Dody menyatakan bahwa ada beberapa aturan turunan yang perlu dibuat untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Perbedaan Pendapat dengan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS)
Di sisi lain, PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) selaku Badan Usaha Pelaksana (BUP) sebelumnya menyatakan bahwa sistem MLFF siap diimplementasikan pada Januari 2025. Namun, Dody memiliki pandangan yang berbeda. Ia tidak yakin bahwa implementasi atau uji coba terbuka bisa dilakukan mulai Januari 2025 karena masih banyak hal yang perlu dibenahi.
Kesiapan Implementasi MLFF Menjelang Kuartal I 2025
Meskipun Dody tidak yakin dengan implementasi MLFF pada Januari 2025, ia berharap bahwa sistem ini dapat diterapkan pada kuartal I 2025. Ia optimis bahwa dengan penyesuaian yang dilakukan, implementasi MLFF dapat segera rampung. Dody menyatakan, "Insyaallah (kuartal I 2025). Kita maksimalkan."
Kesimpulan
Dalam menghadapi implementasi MLFF, Menteri PU Dody Hanggodo mengungkapkan beberapa kendala yang masih dihadapi. Meskipun terdapat perbedaan pendapat dengan pihak terkait, Dody tetap berusaha untuk memastikan bahwa sistem MLFF dapat segera diimplementasikan dengan baik. Dengan upaya penyesuaian dan sinkronisasi aturan yang dilakukan, diharapkan implementasi MLFF dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Semoga dengan kerja keras dan optimisme, sistem MLFF dapat segera menjadi kenyataan dan meningkatkan efisiensi dalam pembayaran tol.