Periksa Kesiapan Pelabuhan dan Kapal ASDP Menjelang Libur Natal dan Tahun Baru

Periksa Kesiapan Pelabuhan dan Kapal ASDP Menjelang Libur Natal dan Tahun Baru

Jakarta – Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Heru Widodo, melakukan pengecekan sarana dan prasarana penyeberangan ke Pelabuhan Merak dan Bakauheni pada akhir pekan lalu. Tujuan dari pengecekan ini adalah untuk memastikan bahwa pelayanan penyeberangan prima terpenuhi selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.

### Pengecekan Sarana dan Prasarana

Pada akhir pekan lalu, Heru Widodo didampingi oleh Wakil Direktur Utama ASDP, Yossianis Marciano, serta Direktur Operasional dan Transformasi ASDP, Rio Theodore N. Lasse, melakukan pengecekan di area pelabuhan dan kapal. Mereka memeriksa berbagai fasilitas mulai dari dermaga, ruang tunggu penumpang, skybridge, eskalator, area parkir, hingga armada kapal seperti KMP Sebuku dan KMP Batumandi.

Heru menyatakan, “Salah satu concern kami adalah agar masyarakat mendapatkan layanan penyeberangan dan pelabuhan yang prima selama angkutan Nataru mendatang. Kami telah melakukan sejumlah langkah antisipasi dan upaya peningkatan kapasitas pelabuhan. Dengan optimalisasi sarana dan prasarana di pelabuhan dan kapal, kami berharap perjalanan pengguna jasa penyeberangan dapat berjalan lancar, aman, nyaman, dan selamat.”

### Proyeksi Kenaikan Jumlah Penumpang dan Kendaraan

Diperkirakan pada Nataru 2024/2025, terjadi kenaikan jumlah penumpang dan kendaraan sekitar 4-7%. Heru menjelaskan, “Untuk jumlah penumpang, diperkirakan terjadi peningkatan sebesar 4% menjadi sekitar 3 juta orang, sedangkan kendaraan diprediksi naik 7,1% menjadi sekitar 700 ribuan unit kendaraan.”

### Upaya Peningkatan Kapasitas Pelabuhan

Untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang pada periode Nataru di lintasan Merak-Bakauheni, ASDP melakukan peningkatan kapasitas pelabuhan dengan mengintegrasikan pelabuhan Merak dengan pelabuhan Indah Kiat yang terletak persis di sebelah dermaga 7 reguler. Integrasi ini diharapkan dapat menambah daya tampung kendaraan sekitar 500 kendaraan kecil.

Selain itu, ASDP juga menambah jumlah tollgate menjadi 31 unit dengan penambahan 3 unit di dermaga eksekutif dan 5 unit di dermaga reguler. Fasilitas penunjang seperti toilet juga ditingkatkan dengan penambahan 20 unit toilet portable sehingga secara total akan ada 131 unit toilet.

### Peningkatan Fasilitas dan Pelayanan

Travelator sepanjang 25 meter telah dipasang di dermaga reguler. Posko kesehatan dan customer service akan dibuka 24 jam penuh selama periode Nataru. Layanan self-service port juga sudah dilakukan uji coba dan akan diterapkan selama periode Nataru sehingga proses check-in dan boarding dapat dilakukan secara mandiri, mempercepat proses pelayanan hingga masuk kapal.

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menambahkan bahwa pihaknya terus berkolaborasi dengan stakeholder untuk menyukseskan layanan penyeberangan pada periode Nataru. Mereka telah menghadirkan AOCC (ASDP Operation Control Center) sebagai ruang monitor koordinasi khusus untuk mempercepat pengambilan keputusan saat Posko Nataru berlangsung.

### Wajibkan Beli Tiket Online

Shelvy mengimbau seluruh pengguna jasa yang berencana menyeberang selama periode Nataru agar memesan tiket ferry melalui aplikasi Ferizy atau Tiket.com untuk menghindari antrean kendaraan pada saat puncak arus dan balik Nataru. ASDP memastikan aksesibilitas pengguna jasa dalam mendapatkan tiket penyeberangan semakin mudah dengan pemesanan tiket dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Ferizy dan Tiket.com.

Untuk memudahkan pembelian tiket, ASDP juga telah memperluas sales point dan metode pembayaran melalui mekanisme transfer atau virtual account lewat Bank BRI, Mandiri, BNI, BCA, Permata Bank, Maybank, BSI, Danamon, CIMB Niaga, BTPN, Bank Maspion, BTN, dan Pospay. Pembayaran juga dapat dilakukan melalui e-wallet linkAja, Shopee Pay, Blu BCA Digital, OVO, dan Dana.

### Kesimpulan

Dengan berbagai upaya peningkatan kapasitas pelabuhan, fasilitas, dan pelayanan, ASDP siap untuk menyambut angkutan Nataru 2024/2025 dengan layanan penyeberangan yang lancar, nyaman, dan aman bagi pengguna jasa. Dukungan dari seluruh stakeholder serta kesiapan dalam menghadapi lonjakan arus penumpang diharapkan dapat memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan ASDP.

### Informasi Lebih Lanjut

Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan tiket online atau peraturan terbaru, masyarakat dapat menghubungi call center ASDP atau mengunjungi website trip.ferizy.com.

### Penutup

Sebagai penutup, ASDP terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna jasa selama periode Nataru. Dengan peningkatan fasilitas, kapasitas pelabuhan, dan pelayanan yang optimal, diharapkan bahwa seluruh perjalanan penyeberangan selama Nataru dapat berjalan dengan lancar, nyaman, dan aman. (acd/acd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *