Persaingan industri otomotif di Indonesia diprediksi akan semakin ketat di tahun 2025. Seva, salah satu platform digital, mengakui bahwa strategi yang tepat harus diterapkan untuk menghadapi tantangan ini. Salah satu strategi yang dijalankan adalah pengembangan fitur digital untuk memudahkan masyarakat dalam memiliki kendaraan.
Tantangan di Tahun 2024
Pada tahun 2024, industri otomotif Indonesia mengalami berbagai tantangan yang signifikan. Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menunjukkan penurunan penjualan mobil secara wholesales sebesar 13,9% Year-on-Year (yoy) menjadi 865 ribu unit. Namun, meskipun demikian, penjualan kendaraan melalui Seva berhasil menunjukkan peningkatan.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
David Thamrin, Product Division Head Seva, mengungkapkan bahwa Seva berhasil meningkatkan total penjualan sebesar 18% dibanding tahun 2023, dengan nilai transaksi bruto mencapai Rp8,2 triliun. David optimis menghadapi tantangan di tahun 2025 dengan fokus pada peluang dan inovasi untuk mendorong pertumbuhan.
Inovasi Fitur Digital SEVA
Seva terus menghadirkan inovasi fitur digital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memiliki kendaraan baru. Salah satu fitur unggulan adalah Loan Calculator, yang memungkinkan calon pelanggan untuk menghitung kemampuan finansial mereka secara akurat sehingga dapat memilih mobil yang sesuai dengan kapasitas keuangan.
Fitur Car Discovery juga menjadi solusi bagi pelanggan untuk memilih mobil sesuai kebutuhan dan anggaran. Seva menyediakan beragam pilihan brand mobil, seperti Daihatsu, Toyota, dan lainnya. Beberapa model mobil yang populer di Seva adalah Daihatsu Sigra, Toyota Avanza, Toyota Rush, Daihatsu New Ayla, dan Toyota Calya.
Instant Approval untuk Kemudahan Pembelian
Bagi pelanggan yang ingin membeli mobil secara kredit, Seva menawarkan fitur Instant Approval. Dengan fitur ini, pelanggan bisa mendapatkan persetujuan pengajuan kredit kurang dari 30 menit. Hal ini sangat membantu pelanggan first car buyer yang ingin segera memiliki mobil, terutama di tengah kenaikan PPN dan opsen pajak.
Menyambut Tantangan di Tahun 2025
David Thamrin menyatakan optimisme dalam menghadapi tantangan di tahun 2025. Seva akan terus memberikan layanan terbaik dengan solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memiliki kendaraan. Tahun 2025 diharapkan menjadi tahun yang penuh dengan peluang yang bisa dioptimalkan untuk pertumbuhan industri otomotif Indonesia.

Ilustrasi SEVA hadir dengan kampanye #AdaSEVAdiGIIAS untuk edukasi konsumen GIIAS 2023 tentang produk dan layanan SEVA. Foto: Dok. SEVA
Seva terus berupaya memberikan kemudahan dan inovasi dalam pembelian mobil, serta memberikan solusi terbaik bagi masyarakat Indonesia. Dengan berbagai fitur digital yang ditawarkan, diharapkan masyarakat dapat memiliki kendaraan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial mereka.
(lth/rgr)