Prediksi Kenaikan Lalu Lintas Nataru Mencapai 20%

Persiapan Jaringan Telekomunikasi untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2025

Pendahuluan
Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) telah menegaskan bahwa jaringan telekomunikasi siap menyambut momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025. Dalam upaya untuk memastikan kualitas layanan, monitoring dan langkah-langkah antisipasi telah dipersiapkan untuk mengatasi potensi gangguan yang mungkin terjadi.

Pengukuran Kualitas Layanan
Direktur Pengendalian Pos dan Informatika Kementerian Komdigi, Dany Suwardany A, mengungkapkan bahwa pengukuran kualitas QoS (quality of services) telah dilakukan pada tanggal 16 hingga 20 Desember untuk empat operator seluler. Hasil pengukuran menunjukkan kualitas layanan yang baik, dengan kenaikan trafik telekomunikasi selama Nataru diprediksi naik sebesar 7-20% dibandingkan tahun sebelumnya.

Koordinasi dengan Operator
Menyikapi peningkatan trafik yang diantisipasi, Komdigi telah berkoordinasi dengan para operator untuk memperkuat kapasitas jaringan. Surat permintaan untuk memperkuat kapasitas jaringan telah dikirimkan kepada operator, dan respon positif telah diterima. PT Telkom, misalnya, telah menyiapkan kapasitas internet sebesar 56,7 terabyte per detik.

Peningkatan Kapasitas Jaringan
Operator seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison (IoH), XL, dan Smartfren juga telah meningkatkan kapasitas jaringan mereka untuk menghadapi lonjakan trafik selama Nataru. Telkomsel meningkatkan kapasitas gateway dan internetnya, IoH meningkatkan kapasitas jaringannya sebesar 30%, XL meningkatkan kapasitasnya dua kali lipat, dan Smartfren meningkatkan kapasitasnya sebesar 1,1%.

Pengukuran Kualitas Sinyal
Selain memperkuat kapasitas jaringan, Komdigi juga melakukan pengukuran kualitas sinyal (QoS) di berbagai titik penting seperti pusat perbelanjaan, terminal, bandara, tempat wisata, tempat ibadah, dan jalur mudik tol. Upaya ini bertujuan untuk memastikan kualitas layanan tetap terjaga selama Nataru.

Antisipasi Lainnya
Para operator juga melakukan berbagai antisipasi lainnya, termasuk penempatan mobile BTS di daerah-daerah pusat keramaian, drive test rutin untuk memastikan kualitas jaringan, serta pendirian Posko, command center, dan call center yang melayani pelanggan selama 24 jam. Komdigi juga melakukan pengukuran kualitas layanan akses internet di ruas jalur mudik tol Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Palembang.

READ  Ratusan Mekanik Mitsubishi Siaga Menyambut Liburan Nataru 2024 Bersama Masyarakat

Kesimpulan
Dengan langkah-langkah persiapan yang telah dilakukan oleh Komdigi dan para operator, diharapkan kualitas layanan telekomunikasi selama libur Natal dan Tahun Baru 2025 dapat tetap terjaga. Pengguna diharapkan dapat menikmati koneksi yang lancar dan stabil selama periode ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menikmati liburan Nataru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *