PT Bank Negara Indonesia (BNI) dan Inovasi Digital
PT Bank Negara Indonesia (BNI) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang terus berupaya untuk menopang kemudahan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) melalui inovasi digital. BNI tidak hanya fokus pada pembiayaan, namun juga menyiapkan tiga aspek utama dalam mendorong transaksi perbankan yang mudah dan aman.
Sinergi Kolaborasi pada 3 Aspek Utama
Corporate Secretary BNI, Okki Rushartomo, menjelaskan bahwa digitalisasi UMKM dilakukan melalui sinergi kolaborasi pada 3 aspek utama:
1. UMKM Ekspor dan Diaspora
BNI telah meluncurkan program pemberdayaan UMKM siap ekspor agar dapat bersaing di kancah global melalui Platform BNI Xpora. Melalui strategi ini, mitra UMKM BNI dapat naik kelas dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional secara lebih luas.
2. Digital Value Chain
BNI memberikan kemudahan bagi turunan bisnis nasabah korporasi dan mitra kerja BNI melalui akses pendanaan melalui skema value chain berbasis digital. Platform BNI Financial Supply Chain Management (FSCM) memenuhi kebutuhan pembiayaan atas transaksi jual beli mitra kerja nasabah korporasi serta mengoptimalkan modal kerja dan pengaturan cashflow bagi korporasi yang bekerjasama dengan partner bisnis UMKM.
3. Ekosistem Unggulan
BNI juga mendorong pembentukan ekosistem unggulan pada masing-masing area layanan BNI dengan melihat besarnya potensi dari segmen UMKM. Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Komersial difokuskan kepada sektor berisiko rendah untuk mendukung pertumbuhan UMKM.
Platform BNI Xpora
Platform BNI Xpora membantu pengembangan bisnis UMKM ke pasar internasional dengan menjembatani eksportir dan importir melalui business matching. Transaksi perbankan juga menjadi lebih aman dan nyaman dengan adanya platform ini. Dukungan dari jaringan kantor cabang luar negeri BNI yang tersebar di 9 titik strategis pusat keuangan dunia memberikan kemudahan akses pendanaan dan transaksi kepada para UMKM Ekspor dan Diaspora.
Komitmen Bank BNI
Bank BNI memiliki komitmen yang kuat dalam mendukung UMKM melalui inovasi digital. Dengan berbagai program dan layanan yang disediakan, Bank BNI berperan aktif dalam memajukan sektor UMKM di Indonesia.
Arsitektur Digital Bank BNI
Arsitektur digital Bank BNI terus berkembang untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada para pelaku UMKM. Dengan teknologi terkini, UMKM dapat melakukan transaksi perbankan dengan mudah dan efisien.
Penutup
Dengan upaya yang terus dilakukan oleh Bank BNI dalam menopang kemudahan UMKM melalui inovasi digital, diharapkan sektor UMKM di Indonesia semakin berkembang dan dapat bersaing di pasar global. Kolaborasi antara Bank BNI dan para pelaku UMKM menjadi kunci dalam mencapai kesuksesan bersama.
(akn/ega)